Tuesday 2 October 2012

Bagi yang Bingung Mau Usaha Apa

Syukur Alhamdulillah anda dapat sampai pada artikel ini. Yaitu artikel yang memberikan solusi bagi orang yang sedang bingung mau usaha apa. Ya, memang banyak orang ingin berwirausaha terkadang bingung dalam menentukan suatu usaha atau bisnis. Sangking bingungnya, sampai-sampai ada yang tidak jadi berwirausaha karena alas ini itu. Itulah manusia yang kurang percaya diri dan juga belum berani mengambil keputusan. Tapi memang begitulah manusia, yang diciptakan berbeda-beda supaya kehidupan ini bisa menjadi lebih berwarna.

Kembali ke judul yaitu solusi apa yang dapat dilakukan oleh orang yang sedang bingung dalam menentukan suatu usaha atau bisnis? Sebenarnya sangat mudah dalam menentukan suatu usaha yang dapat digeluti.
Pertamamenjalankan usaha sesuai dengan hobi. Usaha inilah yang sangat menyenangkan karena orang yang menggeluti usaha ini dapat selalu merasa bahagia ketika menjalankan usahanya. Sebagai contoh seseorang yang hobi memasak atau membuat kue tentu akan sangat cocok dan menyenangkan bila membuka usaha katering. Orang yang hobi mengedit dan mendesain foto atau video tentu sangat cocok dan menyenangkan juga bila membuka usaha jasa editing video dan foto. Atau bila yang hobi dalam fotografi dapat membuka jasa photo pre wedding dan wedding.

Contoh lain lagi yaitu jika hobi di depan laptop untuk membuat program, bisa membuka usaha jasa pembuatan program. Serta jika hobi menulisseperti aku ini, dapat menjalankan bisnis yang seperti yang aku jalankan yaitu bisnis online. Bila menjalankan usaha sesuai hobi masih tetap bingung mau usaha apa.

Terakhirdapat menjalankan usaha sesuai keahlianyang dimiliki. Mungkin keahlian tersebut didapat dari kuliah, kursus atau dari manapun tidaklah penting yang terpenting mempunyai keahlian. Bila mempunyai keahlian menjahit dapat membuka usaha jasa jahit. Bila mempunyai keahlian dalam berbahasa asing dapat membuka bisnis kursusan bahasa asing.

Contoh lain yaitu jika memiliki keahlian dalam memperbaiki komputer, laptop atau printer dapat membuka jasa servis komputer, laptop atau printer.

Apakah masih bingung mau usaha apa? Ya mungkin hanya itulah sedikit ilmu dalam berwirausaha yang bisa aku share. Kalau ditanya aku menjalankan usaha apa, aku menjalankan bisnis online yaitu sesuai dengan hobiku menulis. Serta sesuai keahlian atau backgroundyang ku miliki yaitu tentang dunia IT.

Oke, semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat dan jika dari hobi serta keahlian masih bingung akan menjalankan usaha apa. Dapat membaca artikel yang lain di blog Ide Bisnis dan Ide Usaha ini.

No comments:

Post a Comment