Monday 1 October 2012

3 Usaha Modal Kecil Untuk Mahasiswa

Selain ingin mewujudkan mimpi sesuai jurusan yang diambil. Seorang mahasiswa pun banyak sekali yang ingin menjadi seorang wirausahawan. Kenapa mereka juga ingin sekali menjadi seorang wirausahawan? Karena berkerja di usaha milik sendiri lebih nyaman dan waktu untuk bekerja pun dapat diatur sendiri sesuai keinginan. Terlebih lagi seseorang yang memiliki usaha sendiri pendapatannya dapat lebih besar daripada pendapatan seorang karyawan. Sehingga banyak sekali yang ingin mencari tahu usaha modal kecil untuk mahasiswa itu apa saja?
Sangat banyak sekali usaha bagi mahasiswa yang modalnya kecil :
  • Bisnis Online, nah bisnis ini bukan hanya bisa dibilang usaha yang modalnya kecil. Tetapi bisnis ini dapat pula dijalankan secara GRATIS atau tanpa modal sepeserpun. Karena bisnis online yang dibutuhkan yaitu komputer atau laptop, koneksi internet serta situs web. Dan untuk laptop atau komputer, sebagian besar mahasiswa tentu sudah memilikinya. Untuk koneksi internet dapat memperoleh secara gratis di kampus melalui jaringan wireless (hotspot area). Serta untuk situs web dapat menggunakan blog gratisan seperti blogspot atau wordpress. Sama seperti usaha-usaha lainnya, sebuah bisnis online itu harus memiliki kesabaran serta kerja keras. Bila tidak memilikinya, dijamin bisnis modal kecil atau bisnis gratisan ini tidak akan berjalan.
  • Usaha Jasa atau Bisnis Jasa, usaha modal kecil untuk mahasiswa selanjutnya yaitu bisnis jasa sesuai jurusan atau keahlian masing-masing. Yaitu misal bila kuliah mengambil jurusan Bahasa Inggris, bisa membuka usaha jasa translate bahasa inggris. Bisa juga membuka jasa penulisan artikel bahasa inggris yang biasanya banyak dicari dan dibutuhkan oleh para pebisnis online. Untuk mahasiswa Teknik Informatika bisa membuka jasa pembuatan program, jasa pembuatan website serta jasa servis komputer.
  • Usaha Jualan Pulsa Elektrik, nah untuk usaha yang satu ini bukan hanya modal yang dibutuhkan kecil. Tetapi dalam menjalankannya juga sangat mudah yaitu tinggal pencet-pencet ponsel maka pulsa dapat terkirim. Dan keuntungan yang diperoleh bisa 1000 rupiah per transaksi, bahkan bisa lebih.
Itulah tiga usaha modal kecil untuk mahasiswa yang siapa tahu dapat dijadikan referensi serta dapat bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment